3 Tips Sebelum Memilih Arsitek

3 Tips Sebelum Memilih Arsitek

Konsultan arsitek perumahan Surabaya menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membangun rumah impian sesuai kebutuhan bahkan anggaran yang Anda miliki. Meski demikian mencari arsitek yang cocok bisa dibilang susuh-susah gampang. Karena jika sampai salah memilih arsitek yang ada rumah Anda menjadi hunian yang tidak nyaman, bahkan anggaran pembangunannya bisa melebihi target. Selain itu, jika Anda memilih arsitek kenamaan yang terlampau sibuk bisa jadi rumah Anda selesai dibangun dalam kurun waktu yang terlampau lama.

Mencari arsitek
Ada banyak cara untuk mencari arsitek seperti meminta rekomendasi nama arsitek dari kerabat dan sahabat yang pernah menggunakan jasa arsitek, atau mencarinya di website dan majalah desain. Bahkan jika Anda melihat sebuah rumah yang Anda kagumi di suatu daerah, tidak ada salahnya Anda mengetuk pintu rumah itu untuk mengetahui siapa arsitek yang telah membangun rumah tersebut.

Meminta referensi
Setelah itu, Anda harus mengecek portofolio hasil karya sang arsitek, bahkan Anda bisa memintanya untuk memberikan referensi nama klien yang pernah bekerjasam dengannya. Dengan referensi ini, Anda bisa bertanya mengenai kinerja arsitek kepada klien tersebut, bahkan memungkinkan Anda untuk meminta ijin kepada klien tersebut untuk datang mengunjungi bangunan yang dibuat oleh sang arsitek. Selain itu, Anda sebaiknya meminta sang arsitek menunjukan sertifikat dan surat keterangan untuk melakukan praktek yang dikeluarkan oleh asosiasi profesi, seperti Ikatan Arsitek Indonesia yang mensyaratkan arsitek harus memiliki sertifikat keahlian arsitektur dan surat izin pelaku teknis bangunan.

Melihat hasil karya
Hal lain yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan arsitek mana yang akan Anda gunakan adalah Anda harus melihat hasil karya arsitek yang bersangkutan. Nama besar arsitek tidak menjamin sesuai dengan karakter dan selera yang Anda inginkan. Untuk itu datangi langsung hasil karya sang arsitek agar Anda dapat memperhatikan kekhasan dari hasil karyanya. Dari situ pula Anda dapat mengetahui karyanya sesuai dengan kepribadian Anda atau tidak.

Setelah memilah dan memilih, dan Anda menjatuhkan pilihan pada arsitek yang tepat. Selanjutnya coba sampaikan daftar kebutuhan ruangan, ketersediaan dana, serta rencana jangka panjang Anda kepada arsitek pilihan anda.

Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *